Minggu, 10 Januari 2016

Pelayanan Prima Gojek BAB I



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
1.1.1. Pelayanan Prima
Pelayanan prima merupakan terjemahan istilah ”excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Disebut sangat baik atau terbaik karena sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki instansi pemberi pelayanan. Hakekat pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat. Agenda perilaku pelayanan sektor publik (SESPANAS LAN dalam Nurhasyim, 2004:16) menyatakan bahwa pelayanan prima adalah:
a.    Pelayanan yang terbaik dari pemerintah kepada pelanggan atau pengguna jasa.
b.    Pelayanan prima ada bila ada standar pelayanan.
c.    Pelayanan prima bila melebihi standar atau sama dengan standar.   Sedangkan yang belum ada standar pelayanan yang terbaik dapat diberikan pelayanan yang mendekati apa yang dianggap pelayanan standar dan pelayanan yang dilakukan secara maksimal.
d.   Pelanggan adalah masyarakat dalam arti luas; masyarakat eksternal dan internal.

1
Memproses pelayanan kepada masyarakat / customer, baik berupa barang atau jasa melalui tahapan, prosedur, persyaratan-persyaratan, waktu dan pembiayaan yang dilakukan secara transparan untuk mencapai kepuasan sebagaimana visi yang telah ditetapkan dalam organisasi.
Pelayanan Prima sebagaimana tuntutan pelayanan yang memuaskan pelanggan/masyarakat memerlukan persyaratan bahwa setiap pemberi layanan yang memiliki kualitas kompetensi yang profesional, dengan demikian kualitas kompetensi profesionalisme menjadi sesuatu aspek penting dan wajar dalam setiap transaksi

1.1.2. Standar Pelayanan.
Standar pelayanan merupakan ukuran yang telah ditentukan sebagai suatu pembakuan pelayanan yang baik. Standar pelayanan mengandung baku mutu pelayanan. Pengertian mutu menurut Goetsch dan Davis (Sutopo dan Suryanto, 2003:10) merupakan kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pihak yang menginginkannya.
Latar Belakang Perusahaan PT GO-JEK Indonesia dalam menjalankan aktivitasnya baik yang bergerak dalam bidang jasa mempunyai tujuan yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu PT GO-JEK Indonesia juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi barometer dari keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan jasa yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen.Konsep pelayanan yang di berikan oleh PT GO-JEK terdiri dari produk jasa, harga, promosi dan saluran distribusi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensukseskan program pelayanan prima dari suatu perusahaan. Keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).Oleh karena itu, diharapkan dengan tersusunnya makalah sederhana ini bisa sedikit menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan komsep pelayanan yang di berikan oleh PT GO-JEK Indonesia terhadap para pelanggan.

1.2.  Rumusan masalah
1.2.1. Pelayanan apa saja yang di berikan oleh PT GO-JEK Indonesia kepada Pelanggan?
1.2.2. Bagaimana cara menangani complain dari pelanggan kepada PT GO-JEK Indonesia?
1.2.3. Apa yang dilakukan PT GO-JEK Indonesia untuk mencapai kepuasan terhadap pelanggan?


1.3.  Tujuan Penulisan
1.3.1. Untuk memenuhi syarat nilai mata kuliah service excellence
1.3.2. Untuk memperoleh nilai Ujian Akhir Semester (UAS)


1.4.  Manfaat Penulisan
1.4.1. Untuk menambah wawasan mengenai pelayanan di  bidang jasa
1.4.2. Untuk mengetahui konsep pelayanan di suatu perusahaan terutama di bidang jasa


1.5.  Metode Pengumpulan data
1.5.1. Wawancara
Kami melakukan wawancara kepada (driver) PT GO-JEK Indonesia di sekitar area kampus dan wilayah depok
.5.2.     Observasi
Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung para pembuat keputusan berikut lingkungan fisiknya dan atau pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan. Selain melakukan wawancara, kami juga melakukan observasi ke kantor cabang PT GO-JEK Indonesia.

1.6.  Sistematika Penulisan
Bab 1 : Pendahuluan
Pada bagian bab I meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan,manfaat penulisan , metode pengumpulan data.
Bab II : Landasan Teori
Pada bagian bab II meliputi materi dari slide 1 sampai dengan slide 6
Bab III : Pembahasan
Pada bagian bab III meliputi sejarah go-jek, profile perusahaan go-jek, dan struktur organisasi go-jek
BAB 1V : ISI
Pada bagian bab IV meliputi TQS( total quaility service ), target kepuasan pelanggan terhadap jasa
BAB V : PENUTUP
Pada bagian bab V meliputi akhir dari penulisan makalah yaitu meliputi kesimpulan, saran, dan daftar pustaka








1 komentar: